Minggu, 01 November 2015

UTS - Semester Ganjil MATA KULIAH PENGANTAR KOMPUTER


Jawaban Take Home
UTS - Semester Ganjil 

MATA KULIAH PENGANTAR KOMPUTER
Dosen : Becik Gati Anjari SST .MPd




       1. Langkah yang akan dilakukan untuk menyelamatkan data-data penting  pada komputer di kantor yang tidak dapat berjalan dan masuk pada sistem operasi

       Backup data adalah kegiatan menyalin data yang telah tersimpan di dalam harddisk sebuah komputer ke media penyimpanan lain seperti USB flashdisk, harddisk eksternal atau media lainnya. Membackup data sangat penting sekali dilakukan karena bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan hal terburuk, yaitu terjadinya kehilangan data-data penting karena kerusakan pada perangkat penyimpanan.

        Pencegahan mengenai data yang penting, berarti berhubungan mengenai waktu. Sebuah data  walaupun terkadang hanya berukuran beberapa Kb saja, nilainya bisa setara dengan puluhan bahkan ratusan jam kerja. Sebuah komputer di kantor yang berisa data-data penting dan menghabiskan waktu hingga ratusan jam untuk menyelesaikan tugas kantor.
     
      2.  Tindakan yang harus dilakukan agar terhindar dari email palsu yang dapat merugikan perusahaan  

      Pertahanan nomor satu melawan phishing adalah pengetahuan. Jika anda dididik tentang cara-cara sederhana melihat serangan phishing atau penipuan, maka akan sepenuhnya mampu melindungi diri . Tidak ada perangkat lunak yang akan melakukan ini untuk anda. Tidak ada yang akan mencegah anda mengklik link dalam email, mengunduh file, atau login ke dalam halaman palsu. Anda adalah pertahanan terakhir melawan ancaman ini.

          Email apapun itu yang anda terima, sudah seharusnya anda meneliti dan tidak membuka email yang mencurigakan. Cara yang paling efektif untuk melindungi diri dari phishing email dan penipuan seperti ini adalah mengabaikannya. Kebanyakan layanan email online sekarang cukup efektif dalam mengenali email penipuan ini dan memindahkannya ke folder spam, tetapi jika tidak, maka anda sendirilah yang harus berhati-hati.  

         3. Solusi yang terbaik untuk mengetahui adanya pembajakan lisensi sedangkan perusaan memiliki keterbatasan dana

         Pelanggaran Piracy adalah pembajakan perangkat lunak (software). Secara moral , hal ini merupakan pencurian hak milik orang lain.

        Jika perusahan  memiliki keterbatasan dana untuk mendapatkan software proprietary (Legal), maka perusahaan dapat menggunakan software open source yang tersedia secara gratis. Para vendor pembuat software proprietary (Tertutup) seharusnya dapat menentukan harga yang mudah dijangkau oleh negara berkembang seperti Indonesia.
        Jika tidak, software proprietary yang legal dapat memberikan lisensi penggunaan untuk lebih dari 1 komputer. Hal ini pasti dapat meningkatkan penjualan software proprietary tersebut, khususnya untuk segmen pendididkan, kesehatan dan sosial. Karena menurut pasal 15 UU no 19 tahun 2002 poin g dikatakan bahwa : “Pembuatan salinan cadangan suatu program komputer oleh pemilik program komputer (bukan pemegang hak cipta) yang dilakukan semata-mata untuk digunakan sendiri tidaklah dianggap sebagai pelanggaran hak cipta”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar